Senin, 31 Desember 2018

Tips Simpel untuk Mengatasi Balita Susah Makan

Pada usia melewati dua tahun alias usia balita anak akan susah sekali untuk makan. Anda tetap harus berusaha memenuhi kebutuhan nutrisinya agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan optimal. Ini tips simpel untuk mengatasi balita susah makan dengan mudah. Anda bisa menerapkannya secara rutin.

Variasi Makanan
Balita Anda bisa saja merasa bosan dengan makanan yang diberikan agar ia tetap mau makan, lakukan variasi pada makanan yang diberikan. Variasi makanan ini bisa dari segi bentuknya atau pun dari cara pengolahannya. Misalnya saja membuat makanannya dengan hiasan yang disukainya.
Bisa juga dengan mengubah cara mengolahnya, hari ini disup besok digoreng. Jika ingin kreatif, Anda bisa belajar untuk membentuk makanan sesuai dengan tokoh kartun yang disukai anak. Buat daftar menu makanan setiap harinya secara rutin juga dapat membantu memberikan makanan yang bervariasi.

Sediakan Camilan Bergizi
Camilan yang bergizi juga dapat menjadi cara untuk mengatasi balita susah makan. Pilih atau terapkan camilan yang tepat dan disukai balita untuk dikonsumsinya pengganti makanan utama. Anda bisa membeli yang siap saji dengan memastikan komposisinya aman untuk balita. Lebih aman lagi jika Anda yang membuat sendiri camilan yang akan diberikan.

Berikan Susu Formula
Balita merupakan usia di mana anak sedang lasak dan memerlukan nutrisi yang cukup agar bisa terus aktif. Pertumbuhan dan perkembangannya harus selalu dijaga dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah susah makan dengan memberikan susu formula.
Ada banyak jenis rasa susu yang bisa diberikan untuk usia balita. Anda bisa memberikannya secara bergantian agar balita tidak merasa bosan. Berbagai pilihan susu formula bisa dilihat di wyethnutrition.co.id. dengan kandungan yang terjamin kualitasnya.

Konsultasi ke Dokter
Setelah melakukan berbagai upaya tetapi nafsu makan balita Anda tetap tidak berubah. Sebelum kondisi kesehatannya menjadi buruk sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter anak. Tips ini untuk mengetahui penyebab dari susah makan yang dialami anak.

Anda akan mendapatkan solusi yang paling baik. Selain itu juga bisa menanyakan jenis multivitamin yang terbaik untuk diberikan pada anak agar nafsu makannya meningkat. Paling tidak untuk membantu kebutuhan vitamin yang dibutuhkan tubuhnya. Selain itu, Anda bisa memastikan balita dalam kondisi yang baik-baik saja tanpa terkena penyakit apa pun.

Suapkan sambil Bermain
Biasanya anak-anak akan merasa senang saat diajak bermain. Cara ini bisa Anda terapkan untuk membuatnya mau disuapkan makanan. Suasana hatinya yang bahagia bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak. Ajaklah balita Anda bermain ke taman dan memberinya makanan di sana sambil bermain.

Bisa juga dengan membawanya ke tempat makan yang menyediakan seluncuran atau permainan seperti yang ada di berbagai tempat makan. Anda bisa melakukan cara ini paling tidak seminggu sekali saat weekend. Pilihlah tempat yang akan membuat balita merasa nyaman dan menyenangkannya.

Makan Bersama
Masa-masa balita anak mulai rewel dan senang jika ada teman seumurannya yang diajak bermain atau makan bersama. Anda bisa mengajak balita Anda makan bersama dengan anak seusianya. Misalnya mengajak sepupu atau tetangga dengan diundang makan di rumah. Kebersamaan akan membuat balita senang dan membantu untuk meningkatkan nafsu makannya.

Anda tinggal menemukan cara yang paling tepat untuk mengatasi balita susah makan. Jangan sampai mengalami kekurangan nutrisi apa lagi dehidrasi. Berikan makanan yang dibutuhkan tubuhnya dengan higienis. Anda bisa mulai memberikan susu formula sejak memasuki usia balita dengan melihat informasi produknya di wyethnutrition.co.id beserta dengan khasiatnya.